Gestalt Hypnotherapy

Gestalt therapy adalah sebuah pendekatan psikoterapi yang dikembangkan oleh Fritz Perls. Terapi ini berfokus pada pemahaman kesadaran diri individu, pengalaman saat ini (here and now), dan tanggung jawab pribadi. Prinsip utama dari Gestalt therapy adalah bahwa individu harus dilihat sebagai keseluruhan yang lebih besar daripada sekadar kumpulan bagian-bagiannya, yang mencakup pikiran, perasaan, tubuh, dan lingkungan mereka.

Perbedaan dengan teknik lain

  • Gestalt Therapy: Fokus pada pengalaman subjektif individu, kesadaran diri, dan proses terapeutik dalam konteks saat ini.
  • Gestalt Psychology: Fokus pada persepsi, kognisi, dan cara manusia memproses informasi sensoris.
  • Sugesti terapi adalah bentuk terapi yang menggunakan kekuatan sugesti untuk membantu individu mengubah pola pikir, perasaan, dan perilaku mereka.
  • Regression therapy adalah suatu bentuk terapi yang menggunakan teknik untuk membawa individu kembali ke masa lalu mereka

Penggunaan Gestalt Therapy

Gestalt therapy digunakan untuk membantu individu:

  1. Meningkatkan Kesadaran Diri: Terapi ini bertujuan untuk membantu klien menjadi lebih sadar akan perasaan, pikiran, dan tindakan mereka di saat ini.
  2. Memproses Pengalaman Emosional: Dengan fokus pada pengalaman saat ini, klien dapat lebih efektif memproses dan mengintegrasikan pengalaman emosional yang belum terselesaikan.
  3. Mengembangkan Tanggung Jawab Pribadi: Klien didorong untuk mengambil tanggung jawab atas tindakan dan pilihan mereka, daripada menyalahkan orang lain atau faktor eksternal.
  4. Meningkatkan Hubungan Interpersonal: Terapi ini dapat membantu klien memahami dan memperbaiki cara mereka berinteraksi dengan orang lain.
  5. Mengatasi Stres dan Konflik: Teknik Gestalt dapat digunakan untuk membantu klien mengatasi stres, konflik internal, dan masalah-masalah psikologis lainnya.

Beberapa teknik dalam Gestalt Therapy

  1. Empty Chair Technique:

    • Klien diajak untuk berbicara dengan kursi kosong seolah-olah mereka sedang berbicara dengan seseorang yang penting dalam hidup mereka. Teknik ini membantu klien mengungkap perasaan yang mungkin tersembunyi atau tertekan.
  2. Role Playing:

    • Klien memainkan peran diri mereka sendiri atau orang lain dalam situasi tertentu. Teknik ini membantu klien mengakses dan mengekspresikan emosi mereka dengan lebih jelas.
  3. Dream Work:

    • Menganalisis dan mengeksplorasi mimpi untuk memahami bagian-bagian diri yang tersembunyi atau tertekan. Klien diajak untuk menceritakan mimpi mereka dan kemudian menghubungkannya dengan pengalaman dan perasaan dalam kehidupan nyata.
  4. Body Awareness:

    • Klien diajak untuk memperhatikan dan mengamati sensasi fisik dalam tubuh mereka. Teknik ini membantu meningkatkan kesadaran diri dan menghubungkan pikiran dengan perasaan fisik.
  5. Dialogue Technique:

    • Menggunakan dialog antara berbagai bagian diri atau antara klien dan orang lain yang berperan dalam imajinasi untuk mengungkap perasaan dan pandangan yang berbeda.

Contoh dalam Praktek

Dalam praktiknya, seorang terapis Gestalt mungkin mengajak klien untuk duduk di kursi kosong dan berbicara kepada seseorang yang penting dalam hidup mereka, seperti orang tua atau pasangan, untuk mengungkapkan perasaan yang tidak terungkap. Terapis kemudian mengarahkan klien untuk fokus pada perasaan dan reaksi tubuh mereka selama sesi terapi, membantu mereka memahami bagaimana pengalaman ini mempengaruhi mereka saat ini.

Filosofi Dasar

Filosofi dasar Gestalt therapy adalah:

  1. Holisme: Individu dipandang sebagai keseluruhan yang utuh, dan tidak hanya bagian-bagian terpisah.
  2. Fenomenologi: Fokus pada pengalaman subjektif individu dan pemahaman langsung dari pengalaman tersebut.
  3. Eksperimen: Terapi Gestalt menggunakan eksperimen dan teknik interaktif untuk membantu klien mengeksplorasi perasaan dan perilaku mereka.
  4. Medan Teori: Menekankan pentingnya konteks dan lingkungan dalam memahami perilaku manusia.

Gestalt Therapy dalam Hipnoterapi:

  • Beberapa teknik Gestalt, seperti eksplorasi mimpi dan bermain peran, dapat diintegrasikan ke dalam hipnoterapi untuk membantu klien mengakses dan memproses pengalaman bawah sadar. Kesadaran "di sini dan sekarang" yang ditekankan dalam Gestalt therapy dapat membantu klien tetap terhubung dengan pengalaman saat ini selama sesi hipnosis.

Gestalt therapy adalah pendekatan yang dinamis dan interaktif yang berfokus pada meningkatkan kesadaran diri dan pengalaman saat ini, membantu klien mengembangkan kesejahteraan psikologis yang lebih baik.

Referensi :
  • Perls, F., Ego, Hunger and Aggression (1942, 1947)
  • Perls, F., Hefferline, R., & Goodman, P., Gestalt Therapy: Excitement and Growth in the Human Personality (1951)
  • Perls, F., Gestalt Therapy Verbatim (1969)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar